Sabtu, 05 September 2009

Music Player VS Pendengaran

"Nggak tahu kenapa , gue suka nggak ngeh kalau ada temen gue yang bicara dengan suara pelan . Mungkin karena gue teribiasa nyetel music player , teve , HP , dan radio dengan kencang ... en volume full .Sekarang , suara pelan jadi gak bisa gue denger dengan jelas cooyy... rasanya ganggu bangets dwehh!!"

Menurut dr.R. Hariyanti,Sp.THTKL gue mengalami gangguan karena suara (trauma akustik)...
Mendeteksi Akustik yang terlalu kencang
Tanda - tanda kalau volume Personal Music Player kita tidak nyaman bagi telinga ;
1. Kita harus berteriak saat berbicara untuk menyaingi suara musik .
2. Musik yang sedang kita dengar melalui earphone bisa didengar juga sama teman .

Menurut ukuran intensitas suara dalam satuan dB(decibel);
Suara aman bagi pendengar ;<70 db
Suara mengganggu;>80 db
Suara sangat berbahaya;>120 db
Suara MP yang sangat kencang ; Dapat mengapai 105 db

Cara pencegahan
1. Hindari mendengarkan suara dengan volume keras
2. Jangan biasakan mendengarkan musik berjam -jam . Setidakmya istirahat 5 menit
3. Kalau menggalami gangguan segeralah periksa ke dokter ... lebih baik mencegah dari pada mengobati cooyy.........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar